WINDHA RENNI PUSPITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Ornamen Masjid Modern Minimalis Tanpa Kubah

diposting oleh windha-r-p-ff10 pada 16 January 2018
di Umum - 0 komentar

Masjid identik dengan kubah yang besar dengan lambang bulan dan bintang diatasnya. Pada era modern ini, beberapa masjid tidak menggunakan kubah pada bagian atasnya. Biasanya masjid tersebut menggunakan ornamen masjid modern dengan berbagai ciri khas. Penerapan gaya arsitektur modern ini mulai bermunculan sebagai bentuk dari perkembangan gaya tempat beribadah yang terus mengikuti zaman. Padatnya penduduk membuat lahan yang tersedia untuk membangun fasilitas public seperti masjid terbatas. Dengan lahan terbatas, monsep minimalis yang modern adalah solusi yang tepat agar masjid tetap terlihat mewah dan luas meski dibangun diatas lahan yang sempit.

 

            Beberapa kota di Indonesia telah memiliki masjid dengan konsep modern yang selanjutnya menjadi salah satu landmark atau ciri khas dair daerah tersebut. Salah satu contohnya adalah Kota Bandung dengan Masjid Al-Irsyad yang terletak di Parahyangan. Masjid hasil rancangan dari wali kota Bandung Ridwan Kamil ini menggunakan konsep modern minimalis dengan tidak menyertakan kubah pada atapnya. Masjid Al-Irsyad menggunakan ornamen masjid modern berupa ukiran kaligrafi dan konsep yang ramah lingkungan. Konsep masjid berbentuk kubus tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Beberapa masjid menjadikan Masjid Al-Irsyad sebagai panutan untuk membangun masjid bergaya modern lainnya.

 

            Beberapa konsep masjid modern umumnya tidak mengguanakan kubah yangmerupakan model klasik masjid asal Persia. Sebagai ganti kubah, para masjid modern menggunakan ornamen-ornamen modern seperti atap dengan bentuk-bentuk unik, ukiran-ukiran bertema dinamis, dan bentuk bangunan yang sederhana dan memberi kesan masa kini. Setiap masjid memiliki ciri khasnya masing-masing seperti memiliki bentuk pintu yang unik, halaman yang luas, atap dengan bentuk atau warna tertentu dan ciri lainnya yang dapat menarik perhatian setiap orang. Penggunan ornamen masjid modern saat ini telah berkembang ke seluruh Negara di dunia dengan tujuan untuk menarik perhatian masyarakat agar mereka lebih sering mengunjungi masjid dengan harapan bahwa tujuan mereka adalah untuk beribadah. Masjid bergaya modern memiliki nilai estetika sendiri yang diharapkan dapat menambah kenyamanan dan sebangat masyarakat dalam beribadah.

Referensi: http://jualkarpetmasjid.com/

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :