WINDHA RENNI PUSPITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Bermacam-Macam Penggunaan Ornamen Klasik Masjid Dan Ornamen Modern Masjid

diposting oleh windha-r-p-ff10 pada 04 February 2018
di Umum - 0 komentar

Penggunaan ornamen pada masjid sudah dilakukan sejak jaman dahulu, penggunaannya pada masjid memiliki fungsi sebagai hiasan yang menambah nilai estetis dan juga membuat karakter masjid itu sendiri. Tentunya masjid akan terasa polos jika tidak diberi ornamen atau hiasan, terutama ornamen klasik masjid. Anggap saja masjid sebagai baju putih polos, jika tidak diberi motif maka baju tersebut akan terlihat biasa saja tanpa ada hal yang menonjol. Namun bayangkan jika baju polos tersebut diberi motif, bordiran, hiasan maka baju tersebut akan terlihat cantik dan terlihat menawan. Kira-kira seperti itulah fungsi ornamen pada sebuah masjid. Walaupun ornamen bukan sesuatu yang wajib, namun ornamen memperindah masjid.

 

Ornamen yang ada pada masjid biasanya berupa ornamen islam, dimana hiasan tersebut terinspirasi dari Al-Qur’an ataupun Sunnah Nabi. Dengan  begitu suasana didalam masjid akan terasa sangat islami. Walaupun dengan perkembangan ornamen saat ini memunculkan jenis ornamen modern, ornamen klasik masjid tetap bisa bertahan dan masih banyak peminatnya khususnya ornamen untuk interior masjid.

 

Ornamen interior biasanya berupa hiasan yang ditempel didinding, dilukis langsung di dinding ataupun memasang ornamen dilantai. Jenis ornamen modern ataupun ornamen klasik masjid memiliki tempat pemasangan yang bermacam-macam, bisa dipasang dimanapun. Pemasangan ornamen dalam bentuk apapun tidak akan mengurangi nilai estetis dari ornamen tersebut. Berikut adalah penjelasan penggunaan ornamen di masjid.     

 

  1. Dinding

Ornamen yang menyatu dengan dinding yang dipahat disebut dengan relief. Jenis lainnya adalah ornamen yang dilukis di dinding dan lukisan yang digantung sehingga dapat diganti-ganti sesuai keingingan.

  1. Lantai

Ornamen pada lantai biasanya berupa keramik yang bermacam-macam namun disusun sedemikian rupa sehingga membentuk motif tertentu. Dengan begitu lantai akan terlihat indah dan menambah nilai estetis masjid. Karpet dengan bermacam-macam motif juga bisa menjadi ornamen yang indah.

  1. Langit-langit

Ornamen pada langit-langit biasanya dibuat untuk memberikan kesan luas pada masjid apabila ukuran masjid tersebut tidak terlalu besar, seperti dengan menggambar langit yang cerah sehingga terlihat bahwa langit-langit masjid luas dan tidak terbatas.

informasi: jual karpet masjid online murah

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :