WINDHA RENNI PUSPITA

Berpacu menjadi yang terbaik

Futsal Awal Kesuksesan Sepak Bola Brazil!

diposting oleh windha-r-p-ff10 pada 27 April 2018
di Umum - 0 komentar

Mungkin anda selama ini dibuat kagum dengan keterampilan pemain-pemain Brazil dalam memainkansi kulit bundar ini dalam ajang pertandingan sepakbola baik yang adventure nasional, close to via dan internasional. Keterampilan tendangan bebas ajaib ala Roberto Carlos, tendangan salto ala Ronaldo dan Ronaldinho, passing licin ala Kaka dan Neymar memang telah menyihir dunia. Tapi tahukah anda itu semua bermula dari futsal?
Futsal yang aslinya bernama "futebol de salao' , Bahasa Portugis untuk pertandingan sepakbola dalam ruangan, dianggap sebagai penemuan 'missing hyperlink' tentang rahasia sepak bola Brazil hingga saat ini.  Futsal ditemukan pada tahun 1930 menyiasati latihan pada hari hujan oleh pelatih asal Uruguay.  Dan rupanya olah raga ini di Brazil tumbuh dan berkembang seperti virus di kota-kota Brazil yang padat penduduk dan kumuh ,dan akhirnya aturan permainan ini kemudian dibuat pada 1936.  (Ingat Juara Dunia Piala Dunia 1 (1930) dan 2(1934) adalah Uruguay).
Menurut Alex Bellos, pengarang dari buku Futebol : Soccer, the Brazilian Way, futsal dianggap sebagai inkubator dari semangat rakyat Brazil (the incubator of the Brazilian soul). Pele sendiri sebagai salah satu pemain sepak bola terbesar abad ini-karena ikut memenangkan three Piala Dunia, 1958,1962 dan 1970, bermain futsal pada awalnya di lingkungan rumahnya, kemudian mengikuti pelatihan di akademi sepakbola sebelum dipanggil ke Tim Nasional. Pele memenangkan Piala Dunia pertamanya tahun 1958 di Swedia saat masih 17 tahun!

 


Tapi itu hanyalah hasil tapi prosesnya sebelum masuk akademi Pele bermain futsal dari umur 7 hingga 12 tahun, lima tahun memang, tapi dia bermain futsal 3x seminggu jadi entire dia berlatih terus futsal (3x52x5=780 kali), kalau sehari latihan 2 hingga three jam berarti ribuan jam Pele dan rekan2nya terlatih dengan permainan ini yang fakta matematikanya sebagai berikut. Bermain futsal ternyata 6x lebih banyak dalam menyentuh bola permenitnya dibandingkan dengan sepak bola lapangan besar...ini menurut analyse dari Universitas Liverpool.  Bola futsal yang lebih kecil dan lebih berat menuntut dan memaksa pemain untuk lebih akurat dalam menggiringnya, seorang pelatih mengatakan "You can now not get out of an lifelike spot very effortlessly via booting the ball downfield" (Anda nggak cukup hanya menendang bola tapi anda harus benar-benar menguasainya). Dan di futsal "passing" yang tepat dan akurat itu berpengaruh luar biasa, jadi permainan itu untuk mencari celah, sudut dan tempat kosong bekerjasama dengan pemain lainnya. Mengontrol bola dan visi untuk mencari ruang sangatlah penting-tidak hanya gol yang dicari, karena gol sebagai hasil akan mudah tercipta bila pemain menguasai konsepnya yaitu penguasaan bola, passing yang tepat dan cermat, serta visi meraih ruang kosong dan bebas untuk mencetak gol. Hasilnya pemain futsal tidak peduli lawan berjarak dekat dan mendekat atau dikeroyok sekalipun karena mereka menikmatinya-jangan heran liukan pemain Brazil selalu jadi tontonan mengasyikkan dalam sepak bola up thus far saat ini.

 


Ini semua diungkap dalam Buku karangan Daniel Coyle,"The Sweet Spot."The Talent Code. Greatness Isnt Born. Its Grown. Heres How.New York: Bantam, 2009. eleven-29. Selanjutnya silahkan membaca dan memahaminya dan pada intinya latihan yang tekun,intensif, ada pendekatan keilmuannya dan dilakukan terus menerus (deep monitor) akan menghasilkan output yang luar biasa. Saya pikir Indonesia bisa meniru Brazil karena selain ingin keluar dari jurang kemiskinan, orang Indonesia banyak yang berbakat menjadi pemain internasional yang hebat dan berpenghasilan milyaran. Good prominent fortune qqpokeronline!

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :